Lokasi di One Piece

Thursday, March 24, 2011


Lokasi di One Piece

1. Sebutan untuk bumi
Sampai saat ini, belum ada sebutan resmi untuk bumi di dalam serial ini. Yang baru diketahui, daratan bawah disebut oleh penduduk pulau langit sebagai Blue Sea. Dan daratan atas atau laut yang terapung disebut White Sea.

2. Geografi
Dunia One Piece umumnya terbagi dalam 4 lautan luas, yaitu East Blue, West Blue, South Blue, dan North Blue. Sedangkan yang berperan sebagai "garis lintang 0 derajat" dalam serial ini adalah lintasan gunung dan batu raksasa berwarna merah bernama Red Line. Yang berperan sebagai "garis khatulistiwa" yaitu garis pelayaran yang terdiri dari pulau-pulau yang berkesinambungan bernama Grand Line.

A. East Blue
East Blue adalah lautan timur yang menjadi setting pertama para kelompok bajak laut topi jerami. Daerah East Blue juga menjadi asal bajak laut hebat seperti Gol D. Roger, sang raja bajak laut, juga kelompok bajak laut Topi Jerami kecuali Sanji, Robin dan Tony Tony Chopper.
East Blue menurut Juraquille Mihawk dan angkatan laut adalah tempat terlemah, karena harga nominal buronan East Blue hanya 3 juta.

Berikut adalah tempat-tempat di East Blue.
1. Desa Fusha
Pulau ini muncul di awal cerita ini dalam masa lalu Luffy. Adalah pulau asal Luffy dan Ace. Di desa Fusha, yang juga desa Luffy, pernah disinggahi oleh Shanks. Luffy tinggal disini bersama laksamana madya Garp, kakeknya. Setelah Garp pergi, Luffy diasuh oleh orang disekitarnya seperti sang kepala desa dan pemilik rumah minum Makino.
Partys Bar: Rumah minum milik Makino yang biasa menjadi tempat Shanks berkumpul.

2. Desa Shimonoseki
Muncul pada masa lalu Zoro, dimana dia belajar berlatih pedang dan bertarung melawan Kuina.

3. Kota Shell
Pulau ini muncul pada cerita Morgan. Pulau ini juga sebagai pangkalan angkatan laut dimana Zoro ditangkap. Pangkalan ini dipimpin oleh Kapten Morgan

4. Kota Orange
Pulau ini muncul pada cerita Buggy. Kota Orange yang berada dalam pulau ini sudah ditinggalkan oleh penduduk karena mengungsi dari serangan Buggy.

5. Hutan Pengadilan
Tempat ini muncul setelah cerita Buggy, Luffy dan Nami mengunjunginya. Tempat ini dihuni oleh hewan-hewan aneh seperti hasil persilangan. Tempat ini dijaga oleh Gaimon, orang yang terjebak dalam peti.

6. Desa Syrup
Desa ini muncul pada cerita Kuro. Desa ini sangat tenang dan Usopp lah yang selalu membuat ribut desa ini.

7. Baratie
Restoran terapung ini muncul pada cerita Baratie. Restoran ini didirikan oleh Zeff, sang pemilik dan Sanji. Tempat ini diserang oleh armada bajak laut Krieg dan juga didatangi Mihawk.

8. Pulau Commi
Pulau ini adalah setting utama cerita Arlong. Desa-desa di pulau ini telah diperas oleh Arlong. Arlong membangun Kekaisaran Arlong disini. Desa ini adalah desa kelahiran Nami.

9. Logue
Pulau ini disebut juga pulau awal dan akhir. Karena di sinilah sang raja bajak laut lahir dan juga dieksekusi. Disini ada pangkalan angkatan laut milik kapten Smoker. Ketika Luffy datang ke sini, dia dijebak oleh Buggy dan hendak dieksekusi di tempat yang sama dengan Gold Roger dieksekusi. Tetapi gagal karena disambar petir dan tiba-tiba terjadi badai. Mungkin karena ada Dragon di kota ini. Kota ini juga adalah kota terakhir di East Blue untuk mencapai Grand Line. Nama Logue berasal dari kata "Prologue" dan "Epilogue" yang juga berarti awal dan akhir sebuah cerita.

B. South Blue
Belum ada informasi yang jelas tentang belahan bumi ini. Sekitar 200 tahun yang lalu, ada kebiasaan melapisi gigi dengan ter dikalangan pelaut di South Blue. Sekarang, South Blue kelihatannya adalah tempat produksi senjata-senjata terbaik. Revolver milik Mr.5 diproduksi di sini.
1. Bliss Kingdom
Muncul di buku sejarah milik Robin. Robin menjelaskan kalau Bliss Kingdom memiliki kapal Ekspedisi St.Bliss. Masih belum diketahui apakah Bliss Kingdom masih ada atau tidak.

2. Pulau Karate
Diceritakan oleh Jerry sang pemimpin CP6 kalau Pulau Karate adalah pulau kelahirannya. Di sini banyak pendekar beladiri hebat.

C. North Blue
Belum ada informasi jelas tentang belahan bumi ini. Sanji dan kelompok bajak laut Bellamy berasal dari sini. Kisah tentang Norland si pembohong juga terkenal disini.
Lynell kingdom muncul pada cerita masa lalu Skypiea. Kerajaan ini ada 400 tahun yang lalu. Kapal ekspedisi bernama Lynell K.D pimpinan Mombran Norland berhasil menjelajah Grand Line dan pulang ke sini.

D. West Blue
Belum ada informasi jelas tentang belahan bumi ini, tetapi muncul pada masa lalu Nico Robin. West Blue juga kampung halaman para pendekar hebat seperi Shanks, Mr.1 dan Laffite. Spesies ikan paus raksasa seperti Laboon juga ada disini.
Ohara adalah tempat yang muncul pada masa lalu Robin. Pulau ini juga sebagai tempat kelahiran Robin. Menurut informasi, Ohara telah hancur sepenuhnya oleh Buster Call.

3. Garis pelayaran legendaris
Grand Line adalah garis pelayaran yang membujur dari barat ke timur. Grand Line menjadi legendaris karena sangat berbahaya semenjak pintu masuknya. Selain itu, ada harta karun legendaris yaitu One Piece yang ditinggalkan oleh raja bajak laut, Gol D. Roger di ujung jalur pelayaran ini. Diperkirakan One Piece terletak di Raftel, pulau yang disebut-sebut sebagai akhir Grand Line.

A. Cara masuk Grand Line
Cara masuk Grand Line adalah melewati gunung yang berada pada titik potong antara Grand Line dengan Red Line, yaitu Reverse Mountain. Karena sebuah gunung, kapal harus mendaki arus untuk masuk ke Grand Line, tetapi pada reverse mountain, air lautnya sudah menaiki gunung tersebut, sehingga kapal akan terbawa arus keatas. Peristiwa air laut naik dari tempat rendah ke tempat tinggi ini belum bisa dijelaskan. Jalur air yang naik ini hanyalah sebuah tempat kecil dan pas-pasan untuk sebuah kapal. Karena ini arus, sekali salah menempatkan kapal, kapal akan menabrak sisi reverse mountain dan hancur berkeping-keping.
Empat jalur air yang mengalir ke gunung dari 4 lautan akan bertemu di satu titik dan mengalir ke Grand Line.

B. Calm Belt sang penghalang Grand Line
Kenapa kapal dari East Blue, West Blue, South Blue dan North Blue tidak bisa masuk ke Grand Line hanya dengan lurus saja ke utara laut atau ke selatan laut? Jawabannya adalah adanya Calm Belt. Calm belt adalah semacam perairan yang mengelilingi atau membatasi Grand Line.
Di Calm Belt, tidak ada angin yang berhembus sedikit pun, sehingga terlalu mustahil untuk kapal layar untuk bergerak. Selain itu, Calm Belt adalah sarang monster laut dari Grand Line. Jadi sedikit saja membuat keributan, semua monster laut akan datang. Jadi mustahil untuk memakai dayung.

C. Bahaya di dalam Grand Line
Grand Line dijuluki kuburan bajak laut, karena banyaknya bahaya dalam Grand Line. Yang pertama yaitu Grand Line adalah tempat berkumpulnya bajak laut hebat yang mengincar One Piece. Termasuk didalamnya adalah Yonkou, 4 kaisar bajak laut. Yang kedua adalah cuaca, jalur, dan iklim yang tidak logis Grand Line. Yang ketiga adalah adanya tiga kekuatan besar Grand Line, yaitu Sichibukai bajak laut yang disewa pemerintah, Markas besar angkatan laut, dan markas besar pemerintah dunia.
Sekali masuk ke perairan Grand Line, kapal akan kehilangan arah. Tempat ini punya cuaca dan iklim yang tidak logis, selalu berubah-ubah dengan sangat cepat, terutama di pelayaran pertama. Pulau-pulau di Grand Line memiliki mineral yang dapat menciptakan medan magnetik, sehingga kompas tidak akan berlaku di Grand Line. Kompas untuk Grand Line dinamakan Log Pose. Log Pose dapat mencatat medan magnet pulau-pulau di Grand Line, termasuk pulau yang berada di langit. Jadi, Log Pose akan merekam pulau yang akan didatangi. Proses perekaman itu lamanya tergantung magnetik pulau, ada yang cuma perlu 4 hari ada juga yang 100 tahun.
Selain Log Pose, juga ditemukan Eternal Pose. Eternal pose selalu merekam dan tidak akan merubah jarumnya ke suatu pulau di Grand Line. Itu sebabnya dinamakan Eternal.
Magnetik pulau-pulau inilah yang menyebabkan ketidaklogisan cuaca dan iklim di Grand Line.