Grand Line

Monday, July 9, 2012


Grand Line secara harfiah diterjemahkan sebagai Rute Laut Besar. Grand Line adalah laut di mana sebagian besar kisah itu terjadi di One Piece.

              Grand Line adalah arus laut yang dikelilingi oleh Calm Belts dan mengikuti garis imajiner yang membentang dari utara-barat ke selatan-timur di tengah dunia dan tegak lurus dengan Red Line. Red Line adalah sebuah benua besar yang melingkari dunia dari utara-timur ke barat. Kedua baris membagi sisa Blue Sea menjadi The Blues, North Blue, East Blue, West Blue, dan South Blue. Ini merupakan hamparan laut yang dikatakan menjadi tempat yang paling berbahaya di dunia, dan umumnya disebut sebagai Makam dari bajak laut oleh orang dari empat Blues karena reputasi ini (Tapi disebut sebagai "surga" bagi mereka beberapa yang membuat ke bagian kedua, menunjukkan semua relatif). Sebagian percaya bahwa tidak mungkin aman untuk meninggalkan Grand Line selamat baik dari awal ataupun akhir, namun Pemerintah Dunia secara rutin mengirimkan kapal untuk menyebrangi Calm Belts dengan melapisi lambung mereka dengan Kairoseki, membuat mereka tidak terlihat oleh Raja-Raja Laut. Grand Line ditempatkan mirip dengan khatulistiwa.

1. Calm Belt
Di sebelah utara dan selatan Grand Line adalah strip dari laut yang dikenal sebagai "Calm Belts". Pintu masuk yang sesungguhnya Grand Line biasanya dirusak oleh badai, perairan Calm Belts tetap statis sepanjang tahun, dan hampir tidak ada angin atau gelombang (ini membuatnya sulit untuk menyeberang tanpa propulsi). Monster laut yang sangat besar yang disebut Raja Laut tinggal di S Calm Belts, bahkan monster yang ditemukan di Calm Belts adalah yang terbesar yang pernah ditunjukkan sejauh ini di semua One Piece. Kombinasi tidak ada arus, angin, dan kehadiran para Raja Laut membuat hambatan Calm Belts ini sempurna untuk setiap penjelajah mencoba untuk langsung masuk ke Grand Line.

Tanpa menggunakan kapal yang di lapisi Kairoseki (yang tersembunyi dari raja-raja Laut untuk tingkat tertentu) dan beberapa propulsi, Grand Line hanya dapat diakses di dua titik di Red Line, Reverse Mountain dan Tanah Suci dari Mariejois. Yang pertama adalah di mana empat arus utama The Blues bergabung bersama untuk membentuk Grand Line, sedangkan yang kedua adalah situs dari Pemerintah Dunia.

2. Halves
Grand Line dibagi dengan Red Line menjadi dua bagian. Bagian pertama, membentang dari Reverse Mountain ke titik kebalikan dari Red Line, dikenal sebagai "Paradise". Bagian kedua, yang dimulai di luar titik Garis kedua Red Line  ke belakang Reverse Mountain, dikenal sebagai "New World".

a. Paradise
Bagian pertama dari Grand Line dikenal sebagai Paradise kepada mereka yang telah berkunjung ke New World. Sementara Grand Line adalah tempat yang berbahaya, Bagian pertama diketahui lebih berbahaya dibandingkan dengan bahaya yang lebih mengerikan di New World. Ini pertama kali disebutkan ketika Luffy ingat Zeff menyebut Grand Line adalah Paradise dan waktu  lain ketika para perompak ingin kembali ke Paradise di New World.

b. New World
New World adalah bagian kedua dari Grand Line. Setengah dari ini belum sepenuhnya dieksplorasi, kecuali oleh Raja Bajak Laut, Gol D. Roger. Daerah ini juga di mana pemerintahan Yonkou berada.

3. Climate
Cuaca yang tidak biasa di Grand Line. Arus dan cuaca sangat fluktuatif, karena cuaca disana dapat berubah dalam sekejap, termasuk di dalamnya semburan air, badai, badai salju, dan hal-hal lainnya. Pulau dan perairan sekitarnya merupakan daerah yang hanya apabila cuaca dan arus yang stabil dalamnya. Alasan untuk pulau ini adalah bahwa pulau-pulau di Grand Line jatuh ke dalam empat kategori dasar yaitu Winter, Spring, Summer, dan Fall. Jenis masing-masing pulau memiliki empat musim, memberikan bahwa Grand Line memiliki total 16 musim yang berbeda. Ada juga siklon yang tampaknya muncul dengan cepat dan tiba-tiba. Meskipun ini bisa dikatakan tak terduga, Nami bisa merasakannya bahkan datang dalam keadaan demam.

4. Navigation
Kompas biasa tidak bekerja pada Grand Line karena sifat dari medan magnet nya. Untuk menavigasi Grand Line, kompas khusus yang disebut 'Log Pose' harus digunakan. Log Pose bekerja dengan mengunci pada satu medan magnet pulau itu dan kemudian mengunci ke medan magnet yang lain dari pulau itu. Log Pose dapat melakukan ini untuk total tujuh rute yang berbeda yang menyimpang dari Reverse Mountain dan perjalanan timur sebelum penggabungan kembali ke pulau terakhir, Raftel. Waktu untuk berpose untuk mengatur tergantung di pulau itu sendiri. Salah satu pulau yang dapat berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari untuk mengatur ke pulau berikutnya, sementara yang lain dapat diperkirakan satu tahun untuk mengatur. Proses ini dapat dilewati dengan mendapatkan sebuah 'Eternal Pose'. Versi Log Pose secara permanen ditetapkan ke sebuah pulau tertentu dan tidak pernah bisa berubah. Hal ini membuat lebih mudah bagi kru untuk sampai ke sebuah pulau tertentu daripada pergi melalui jejak pulau.

Ini juga tercatat pada saat di Water 7, kapal laut kecil seperti karavel tidak membuatnya sangat jauh di Grand Line dan itu mengejutkan bahwa Going Merry memilikinya. Meskipun upaya terbaik yang telah di lakukan kru tetapi memang sulit untuk menjaga kapal dalam kondisi baik dan menghindarinya semakin terpukul oleh Grand Line, bahaya alam dan kapal hanya kualitas yang baik dengan kru yang berpengetahuan lebih bisa memiliki kesempatan untuk melintasi itu dengan aman.

5. Tempat di Grand Line
a. Paradise
1.      Reverse Mountain
2.      Cactus Island  (Perubahan Log: kurang dari satu hari)
3.      Whiskey Peak
4.      Little Garden (Pulau Prasejarah, Perubahan Log: 1 tahun)
5.      Kyuka Island
6.      Drum Island (Jenis: Pulau Musim Dingin)
7.      Bighorn
8.      Drum Rockies (sekelompok menara tinggi, seperti pegunungan)
9.      Robelle
10.  Alabasta (Asal disebut "Sandy Island"; type: pulau musim panas):
11.  Rainbase
12.  Yuba
13.  Erumalu
14.  Nanohana
15.  Katorea
16.  Spider Cafe
17.  Alubarna
18.  Jaya (Tipe: pulau musim semi, perubahan Log: 4 hari)
19.  Mock Town
20.  Skypiea
21.  White Sea
22.  White-White Sea
23.  Angel Island
24.  Upper Yard
25.  Milky Road
26.  Long Ring Long Land
27.  Sea Train Zone
28.  Water 7 (perubahan Log: 7 hari)
29.  Enies Lobby
30.  San Faldo
31.  Pucci
32.  St Poplar
33.  Baltigo
34.  The Florian Triangle Area
35.  Sabaody Archipelago
36.  Tarai Current
37.  Mariejois
38.  Marineford
39.  Fishman Island (perubahan Log: Setengah hari)
40.  Karakuri
41.  Momoiro Island
42.  Boin Archipelago
43.  Namakura Island
44.  Kuraigana Island
45.  Merveille

b. New World
1.      Raftel
2.      Yukiryu Island
3.      Wano Country
4.      Foodvalten
5.      Edd War
6.      G-5 Marinir Base
7.      G-1 (Former)
8.      Whole Cake Island
9.      Risky Red Island
10.  Mystoria Island
11.  Raijin Island
12.  Punk Hazard